Mata Kuliah : Logika
Bobot :
2 SKS
Semester :
II (Dua)
Jurusan :
IAT B, SA A&B
Tahun Ajaran :
2013/2014
Dosen Pengampu :
Dr. Muhammad Taufik
Perguruan Tinggi :
FUSPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Ranah integrasi-interkoneksi
1.
Filosofis
2.
Materi
3.
Metdologis
4.
Strategi
Mata kuliah pendukung integrasi-interkoneksi :
1.
Filsafat Ilmu
2.
Epistemologi
3.
Metafisika
4.
Sosiologi
5.
Bidang-bidang Islamic Studies
Deskripsi
mata kuliah :
Mata kuliah logika ini akan mengajarkan tentang
prinsip-prinsip dasar berpikir benar yang fokus pada metode, sistematika dan
aturan berpikir lurus dan benar. Oleh karena itu, mata kuliah logika bertali
temali dengan mata kuliah epistemologi, filsafat ilmu dan metafiskan/ontologi
yang memiliki tujuan untuk melahirkan mahasiswa yang bisa menerapkan
prinisp-prinsip berpikir tepat dan benar. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa
akan ditugakan untuk mengaplikasikan prinsip dan teori berpikir secara tepat
dan benar dalam bentuk tulisan essai. Penugasan ini dimaksudkan untuk
mempertajam teori dan aplikasi mata logika.
Mata kuliah ini juga akan
membicarakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan proses penalaran (pemikiran)
manusia secara sistematis dan normatif menuju kepada kebenaran. Proses berpikir/nalar
perlu memperoleh perhatian yang serius, karena proses berpiki/nalar akan
menghasilkan pada suatu hipotesa dan atau suatu kesimpulan. Hal tersebut
tentunya secara konseptual memerlukan cara-cara atau proses berpikir yang
sistemtis dan mematuhi norma-norma berpikir, yang dalam filsafat ilmu biasa
disebut bahwa berpikir harus sistemtis, radikal dan universal.
Kompetensi
standar
1.
Mahasiswa
mampu memahami arti logika.
2.
Mahasiswa
mampu mengaplikasikan logika sebagai instrumen berpikir.
Tujuan Instruksional Umum Tujuan
diajarkannya mata kuliah logika adalah
agar mahasiswa memahami dan mampu mengembangkan pola dan wawasan berpikir
(penalaran) terhadap masalah dan problem solving secara sistematis dan
benar.
Tujuan Instruksional khusus Tujuan instruksinal khusus ini, diharapkan mahasiswa setelah
mempelajari logika dapat memahami dan
memiliki pola dan wawasan berpikir (penalaran) sesuai dengan kaidah-kaidah
logika (sistematis) yang benar. Antara lain mampu mengidentifikasikan
permasalahan dan mendefinisikannya sesuai dengan makna logika dan
menyelesaikannya berdasarkan nalar logika yang benar.
Time Line
Pert
|
Pokok bahasan/materi
|
Sub pokok bahasan
|
Aktivitas
pembelajaran
|
1
|
Perkenalan
dan Pengantar
|
o Perkenalan,
Pengantar kuliah,dan kontrak kuliah
|
Ceramah
Diskusi
Strategi
belajar aktif
|
2
|
Pengertian
Logika
|
o Pengertian
Logika
o Logika
sebagai Cabang Ilmu Pengetahuan
|
Ceramah
Diskusi
Strategi
belajar aktif
|
3
|
Objek
dan pembagian Logika
|
o Objek
Material
o Objek
Formal Logika
o Pembagian
Logika
|
Ceramah
Diskusi
Strategi
belajar aktif
|
4
|
Sejarah
Perkembangan Logika
|
o Logika Tradisional
o Logika Modern
|
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi
belajar aktif
|
5
|
Tujuan, Kegunaan, Manfaat dan Hukum Dasar
|
o Tujuan dan Kegunaan Mempelajari Logika
o Manfaat
Logika
o
Hukum Dasar Logika
|
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi
belajar aktif
|
6
|
Korelasi
Logika
|
o Hubungan
Logika dengan Bahasa
o dan Ilmu
Lainnya
|
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi
belajar aktif
|
7
|
Penalaran
|
o Pengertian
Penalaran
o Unsur-Unsur
Penalaran
|
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi
belajar aktif
|
8
|
Kebenaran
|
o Problem-problem
kebenaran
|
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi
belajar aktif
|
Silogisme
|
o Pengertian
Silogisme
o Macam-macamnya
|
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi
belajar aktif
|
|
Hukum
dasar dan Metode Silogisme
|
o Hukum
Dasar Silogisme
o Metode
Praktis Penyimpulan
|
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi
belajar aktif
|
|
Analogi
|
o Pengertian
Analogi
o Macam-macam
Analogi
|
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi
belajar aktif
|
|
Metode Induktif
|
o
Metode penalaran induktif
|
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi
belajar aktif
|
|
Metode Deduktif
|
o
Metode penalaran deduktif
|
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi
belajar aktif
|
|
Hubungan
Kausalitas
|
o Pengertian
Kausalitas
o Empat
Macam Kausalitas
|
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi
belajar aktif
|
Referensi:
- Mundiri, Logika, Rajawali
Perss, Jakarta, 1998
- R.G.Soekadijo, Logika
Dasar, Gramedia, Jakarta, 1984
o
E.
Sumaryono, Dasar-dasar logika.
o
Poedjawijatna, Logika Filsafat berpikir
- Jasir
Burhan, Pengantar Logika Tradisional, Bina Cipta, Bandung, 1986
- Ali
Abri, Pengantar Logika Tradisional, Usaha Nasional, Surabaya, 1994
- Jan
Hendrik Rapar, Pengantar Logika: Asas-Asas Penalaran Sistematis, Kanisius,
Yogyakarta, 1996
- Poespoprodjo dan EK. T.
Gilarso, Logika Ilmu Menalar: Berpikir
Tertib, Logis, Kritis, Analitis, Dan Dialektis, Pustaka
Grafika, Bandung: 1999
- Surajiyo (dkk), Logika, Bumi Aksara, Jakarta: 2006
- Taib Thahir Abd. Muin, Ilmu
Mantiq (Logika), Widjaya, Jakarta: 1966
- Donald B. Calne, Batas
Nalar, Gramedia, Jakarta: 2004
- Sindhunata, Dilema Usaha
Manusia Rasional, Gramedia, Jakarta: 1982
- Kattsoff
L.O, Pengantar Filsafat, Terjemahan Soejono Soemargono, Tiara, Wacana, Yogyakarta, 1978,
- Soemargono Soejono, Filsafat Ilmu Pengetahuan, Nur Cahaya,
Yogyakarta, 1983
- Jujun
S.S, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar, Pustaka Sinar Harapan Jakarta, 1987
- Suparlan Suhartono,
Filsafat Ilmu Pengetahuan, UNHAS, Ujung Pandang, 1994
- The
Liang Gie, Pengantar Filsafat Ilmu, Liberty, Yogyakarta, 1997
Tidak ada komentar:
Posting Komentar