Senin, 09 Maret 2015

                                                                                             SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah                                        : Logika
Bobot                                                    : 2 SKS
Semester                                            : II (Dua)
Jurusan                                                : IAT B,  SA A&B
Tahun Ajaran                                     : 2013/2014
Dosen Pengampu                            : Dr. Muhammad Taufik
Perguruan Tinggi                              : FUSPI UIN Sunan Kalijaga  Yogyakarta

Ranah integrasi-interkoneksi
1.       Filosofis
2.       Materi
3.       Metdologis
4.       Strategi

Mata kuliah pendukung integrasi-interkoneksi :
1.       Filsafat Ilmu
2.       Epistemologi
3.       Metafisika
4.       Sosiologi
5.       Bidang-bidang Islamic Studies 

Deskripsi mata kuliah :
Mata kuliah logika ini akan mengajarkan tentang prinsip-prinsip dasar berpikir benar yang fokus pada metode, sistematika dan aturan berpikir lurus dan benar. Oleh karena itu, mata kuliah logika bertali temali dengan mata kuliah epistemologi, filsafat ilmu dan metafiskan/ontologi yang memiliki tujuan untuk melahirkan mahasiswa yang bisa menerapkan prinisp-prinsip berpikir tepat dan benar. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa akan ditugakan untuk mengaplikasikan prinsip dan teori berpikir secara tepat dan benar dalam bentuk tulisan essai. Penugasan ini dimaksudkan untuk mempertajam teori dan aplikasi mata logika. 
Mata kuliah ini juga akan membicarakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan proses penalaran (pemikiran) manusia secara sistematis dan normatif menuju kepada kebenaran. Proses berpikir/nalar perlu memperoleh perhatian yang serius, karena proses berpiki/nalar akan menghasilkan pada suatu hipotesa dan atau suatu kesimpulan. Hal tersebut tentunya secara konseptual memerlukan cara-cara atau proses berpikir yang sistemtis dan mematuhi norma-norma berpikir, yang dalam filsafat ilmu biasa disebut bahwa berpikir harus sistemtis, radikal dan universal.

Kompetensi standar
1.       Mahasiswa mampu memahami arti logika.
2.       Mahasiswa mampu mengaplikasikan logika sebagai instrumen berpikir.

Tujuan Instruksional Umum        Tujuan diajarkannya mata kuliah  logika adalah agar mahasiswa memahami dan mampu mengembangkan pola dan wawasan berpikir (penalaran) terhadap masalah dan problem solving secara sistematis dan benar.

Tujuan Instruksional khusus        Tujuan instruksinal khusus ini, diharapkan mahasiswa setelah mempelajari  logika dapat memahami dan memiliki pola dan wawasan berpikir (penalaran) sesuai dengan kaidah-kaidah logika (sistematis) yang benar. Antara lain mampu mengidentifikasikan permasalahan dan mendefinisikannya sesuai dengan makna logika dan menyelesaikannya berdasarkan nalar logika yang benar.

Time Line

Pert
Pokok bahasan/materi
Sub pokok bahasan
Aktivitas
pembelajaran
1
Perkenalan dan Pengantar
o   Perkenalan, Pengantar kuliah,dan kontrak kuliah
Ceramah
Diskusi
Strategi belajar aktif
2
Pengertian Logika
o   Pengertian Logika         
o   Logika sebagai Cabang Ilmu Pengetahuan    
Ceramah
Diskusi
Strategi belajar aktif
3
Objek dan pembagian Logika
o   Objek Material
o   Objek Formal Logika 
o   Pembagian Logika 
Ceramah
Diskusi
Strategi belajar aktif
4
Sejarah Perkembangan Logika     

o   Logika Tradisional
o   Logika Modern   
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi belajar aktif
5
Tujuan, Kegunaan, Manfaat dan Hukum Dasar
o   Tujuan dan Kegunaan Mempelajari Logika
o   Manfaat Logika
o   Hukum Dasar Logika  
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi belajar aktif
6
Korelasi Logika
o   Hubungan Logika dengan Bahasa
o   dan Ilmu Lainnya
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi belajar aktif
7
Penalaran
o   Pengertian Penalaran
o   Unsur-Unsur Penalaran

Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi belajar aktif
8
Kebenaran
o   Problem-problem kebenaran
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi belajar aktif
9
Silogisme
o   Pengertian Silogisme
o   Macam-macamnya

Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi belajar aktif
10
Hukum dasar dan Metode Silogisme
o   Hukum Dasar Silogisme
o   Metode Praktis Penyimpulan
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi belajar aktif
11
Analogi
o   Pengertian Analogi
o   Macam-macam Analogi
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi belajar aktif
12
Metode Induktif

o   Metode penalaran induktif

Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi belajar aktif
13
Metode Deduktif
o   Metode penalaran deduktif
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi belajar aktif
14
Hubungan Kausalitas
o   Pengertian Kausalitas
o   Empat Macam Kausalitas
Ceramah
Diskusi kelompok
Strategi belajar aktif





Referensi:
  • Mundiri, Logika, Rajawali Perss, Jakarta, 1998
  • R.G.Soekadijo, Logika Dasar, Gramedia, Jakarta, 1984
o   E. Sumaryono, Dasar-dasar logika.
o   Poedjawijatna, Logika Filsafat berpikir
  • Jasir Burhan, Pengantar Logika Tradisional, Bina Cipta, Bandung, 1986
  • Ali Abri, Pengantar Logika Tradisional, Usaha Nasional, Surabaya, 1994
  • Jan Hendrik Rapar, Pengantar Logika: Asas-Asas Penalaran Sistematis, Kanisius, Yogyakarta, 1996
  • Poespoprodjo dan EK. T. Gilarso, Logika Ilmu Menalar:  Berpikir Tertib, Logis, Kritis, Analitis, Dan Dialektis, Pustaka Grafika, Bandung: 1999
  • Surajiyo (dkk),  Logika, Bumi Aksara, Jakarta: 2006
  • Taib Thahir Abd. Muin, Ilmu Mantiq (Logika), Widjaya, Jakarta: 1966
  • Donald B. Calne, Batas Nalar, Gramedia, Jakarta: 2004
  • Sindhunata, Dilema Usaha Manusia Rasional, Gramedia, Jakarta: 1982
  • Kattsoff L.O, Pengantar Filsafat, Terjemahan Soejono Soemargono,  Tiara, Wacana, Yogyakarta, 1978,   
  • Soemargono Soejono,  Filsafat Ilmu Pengetahuan, Nur Cahaya, Yogyakarta, 1983
  • Jujun S.S, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar, Pustaka Sinar Harapan Jakarta, 1987
  • Suparlan Suhartono, Filsafat Ilmu Pengetahuan, UNHAS, Ujung Pandang, 1994
  • The Liang Gie, Pengantar Filsafat Ilmu, Liberty, Yogyakarta, 1997

Tidak ada komentar:

Posting Komentar