Minggu, 09 Agustus 2015

SAP Pengantar Studi Islam



http://sukabiru.files.wordpress.com/2011/01/logo-uin-2010.png                                                               SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Kode/Mata Kuliah                   : Pengantar Studi Islam
Bobot                                       : 2 SKS
Semester                                  : I (Satu)
Jurusan                                    : FA B
Tahun Ajaran                           : 2015/2016
Dosen Pengampu                     : Dr. H.  Muhammad Taufik, M. Ag.
Perguruan Tinggi                      : FUSPI UIN Sunan Kalijaga  Yogyakarta

Deskripsi Mata Kuliah
Pengantar Studi Islam adalah salah satu dari komponen mata kuliah penting.
Mata kuliah ini memberikan pengetauan tentang aspek-aspek dasar Islam, khususnya yang terkait dengan agama, ibadah, ajaran moral, sejarah, politik, dan lembaga-lembaga sosial.
Metode pengkajian Pengantar Studi Islam ini dengan bidang-bidang kajian ke-Isalaman lainnya menggunakan berbagai macam  pendekatan.
Manfaat mata kuliah ini bagi mahasiswa antara lain dapat memberikan pengetahuan tentang aspek-aspek dasar Islam, khususnya yang terkait dengan agama, ibadah, ajaran moral, sejarah, politik, dan lembaga-lembaga sosial (kemasyarakatan).
Mahasiswa dapat memanfaatkan pengetahuan ini sebagai bagian dari bahan memperoleh kemajuan hidup.

Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai aspek dasar-dasar ajaran Islam.
Mahasiswa memahami pentingnya kajian studi Islam.
Mahasiswa dapat mendeskripsikan berbagai aspek dasar ajaran Islam, khususnya yang terkait dengan agama, ibadah, ajaran moral, sejarah, politik, dan lembaga-lembaga sosial (kemasyarakata).

Indikator
Setelah mempelajari Pengantar Studi Islam  diharapkan mahasiswa dapat :
Menjelaskan pengertian, tujuan dan pentingnya kajian studi islam.
Menjelaskan Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia, Fenomena Agama dalam kehidupan manusia, Mengidentifikasi unsur-unsur penting agama.
Mendiskusikan Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia, Fenomena Agama dalam kehidupan manusia, Klasifikasi Agama, Samawi & Agama Budaya
Mengklasifikasi kajian agama di Barat dan dunia Islam
Mendiskusikan kajian Islam di Indonesia
Menjelaskan pengertian "Islam" secara etimologi dan terminlogi.
Mendiskusikan islam dan berbagai dimensinya sumber-sumber ajaran Islam. 
Mengidentifikasi aspek-aspek ajaran Islam.
Menjelaskan berbagai macam pendekatan dalam studi islam
Mendiskusikan manfaat mengkaji studi Islam

Strategi Pembelajaran Perkuliahan
Perkuliahan ini menggunakan strategi pembelajaran mahasiswa aktif (active learning) dengan berbagai strategi alternatif dalam pembelajaran. Mahasiswa akan melakukan berbagai aktivitas dan tugas agar mereka belajar secara mendalam, karena pembelajaran ini berorientasi kepada mahasiswa (student oriented). Metode ceramah diusahakan untuk diminimalisir.
Selaian  itu kegiatan perkuliahan, lebih banyak didasarkan pada collaborative learning, meskipun demikian individual learning tetap akan digunakan sesuai dengan tujuan dan materi yang dipelajari. Untuk itu, “alternatif strategi” perkuliahan yang digunakan di antaranya sebagai berikut:
1. Interactive lecturing
2. Presentation & Active Debate
3. Student-Created Case Studies
4. Small Group Discusion

5. Studi kritis
Strategi pembelajaran ini, dapat berubah sesuai dengan perkembangan materi dan metode serta kesepakatan dengan mahasiswa.

TIME LINE



Pert
Pokok bahasan/materi
Alokasi Waktu
Aktivitas Pembelajaran
1
Penjelasan dan Kontrak Belajar
100 menit
Ceramah, Diskusi, Strategi belajar aktif
2
Pengertian Studi Islam, Urgensi, Tujuan, Pendekatan dan Metode
100 menit
Ceramah, Diskusi, Strategi belajar aktif
3
Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia, Fenomena Agama dalam kehidupan manusia, Klasifikasi Agama, Samawi & Agama Budaya
100 menit
                  Diskusi dan Strategi belajar aktif
4
Potensi Islam dalam Menjawab Tantangan Zaman, Implikasi dalam kehidupan manusia, Universalitas, Orientasi dan Dinamika Ajaran Islam, Al-Qur’an sebagai sumber dasar nilai, Hadits sebagai Dasar Operasional nilai dan Norma dalam Islam. Ijtihad sebagai Sumber Dinamika nilai dan Norma.
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
5
Islam & Berbagai Dimensinya
Islam dalam lintasan Sejarah.
Dimensi Aqidah & Akhlaq
, Ibadah & Syariah, Filsafat, Kebudayaan, Persaudaraan ( Ukhuah) dalam Islam
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
6
Para Pengkaji Studi Islam di Barat
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
7
Studi Islam di Indonesia Sebelum Kemerdekaan Pasca Kemerdekaan
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
8
Studi Islam dalam Pendekatan Sosiologi
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
9
Studi Islam dalam Pendekatan Budaya
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
10
Studi Islam dalam Pendekatan Filsafat
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
11
Studi Islam dalam Pendekatan Tafsir
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
12
Studi Islam dalam Pendekatan Hadits
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
13
Studi Islam dalam Pendekatan Tasawuf
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
14
Manfaat Studi Islam dalam berbagai aspek
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif



Rencana Komposisi penilaian :

Aspek penilaian
Prosentase
Ujian akhir semester
35 %
Ujian tengah semester
35 %
Tugas
15 %
Keaktifan & perilaku
15 %
Total
100 %


Disusun oleh :
Diperiksa oleh :

Disahkan oleh :
Dosen pengampu




Dr. H. Muhammad Taufik, M. Ag.
Penanggung jawab keilmuan




Dr. H. Muhammad Taufik, M. Ag.
Ketua Program Studi




Dadi Nurahaidi, M. Ag.
Dekan




Dr. Alim Roswantoro, M. Ag.

Bahan Bacaan
Muhaimin, Tadjab & Abdul Mujib, Dimensi Studi Islam, Karya Abditama, Surabaya,1994
Muhaimin, Problematika Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta, Kalam Mulia, 1989.
Muhaimin, Dimensi Studi Islam, Surabaya, 1994
A Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, Bandung, Mizan 1991
 Abu Zahrah, Muhammad, Tarikh al-Madzahib al-Islamiyyah fi al-Siyasah wa al-'Aqidah wa Tarikh al-Madzahib al-Fiqhiyah, Beirut : Dar al-Fikr, al-'Arabiy, Tanpa Tahun.
Ahmad Supriyadi, Teologi Islam Kontekstual, Pendekatan Active Learning, Jakarta : Bina Akademika, 2010.
Amin Nurdin dkk., Ed. Sejarah Pemikiran dalam Islam : Teologi / Pengantar Studi Islam I, Jakarta : PT Pustaka Antara dan LSIK, 1996.
Dahlan, Abul Aziz, Sejarah Perkembangan Pemikiran Dalam Islam, Bagian I : Pemikiran Teologis, Jakarta : Beuneubi Cipta, 1987.
Nasution, Harun, Teologi Islam : Aliran-Aliran, Sejarah, Analisa, Perbandingan, Jakarta : UI Press, 1986.
 ----------, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jil. I, Jakarta : UI Press, 1986.
 ----------, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jil. II, Jakarta : UI Press, 1986
 ----------, Akal dan Wahyu dalam Islam, Jakarta : UI Press, 1986.
----------, Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu'tazilah, Jakarta : UI Press, 1990.
Yusuf, Yunan, Aliran Pemikiran Islam : Pemikiran Kalam, Jakarta : Kalam, 1995.




Keterangan Tambahan:
·         Format Makalah: diketik dengan spasi 1,5 dalam kertas kuarto dengan font: Times New Roman, Ukuran 12 Batas Kiri: 4 Cm, Atas: 4 Cm, Kanan: 3 Cm, Bawah: 3 Cm, Menggunakan Footnote dan ukuran kertas A4.
·         Konten: Bab I: Pendahuluan: Latar Belakang dan Rumusan Masalah. Bab II: Pembahasan. Bab III: Kesimpulan. Daftar Kepustakaan
·         Referensis: Buku, makalah, essay yang berkaitan dengan Materi Pokok Bahasan.
·         Hasilnya dipresentasikan secara bergantian dalam satu kelompok dengan durasi waktu maks 30 menit, dan tanggapan maks 30 menit.
·         Penilaian mencakup penyajian, bobot materi, kesiapan dalam mempresentasikan, keaktifan penyaji dalam menanggapi, & kemampuan beragumentasi. Bagi penanya yang aktif dalam diskusi juga mendapatkan nilai.



























http://sukabiru.files.wordpress.com/2011/01/logo-uin-2010.png                                                               SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Kode/Mata Kuliah                   : Pengantar Studi Islam
Bobot                                       : 2 SKS
Semester                                  : I (Satu)
Jurusan                                    : IAT B
Tahun Ajaran                           : 2015/2016
Dosen Pengampu                     : Dr. H.  Muhammad Taufik, M. Ag.
Perguruan Tinggi                      : FUSPI UIN Sunan Kalijaga  Yogyakarta

Deskripsi Mata Kuliah
Pengantar Studi Islam adalah salah satu dari komponen mata kuliah penting.
Mata kuliah ini memberikan pengetauan tentang aspek-aspek dasar Islam, khususnya yang terkait dengan agama, ibadah, ajaran moral, sejarah, politik, dan lembaga-lembaga sosial.
Metode pengkajian Pengantar Studi Islam ini dengan bidang-bidang kajian ke-Isalaman lainnya menggunakan berbagai macam  pendekatan.
Manfaat mata kuliah ini bagi mahasiswa antara lain dapat memberikan pengetahuan tentang aspek-aspek dasar Islam, khususnya yang terkait dengan agama, ibadah, ajaran moral, sejarah, politik, dan lembaga-lembaga sosial (kemasyarakatan).
Mahasiswa dapat memanfaatkan pengetahuan ini sebagai bagian dari bahan memperoleh kemajuan hidup.

Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami berbagai aspek dasar-dasar ajaran Islam.
Mahasiswa memahami pentingnya kajian studi Islam.
Mahasiswa dapat mendeskripsikan berbagai aspek dasar ajaran Islam, khususnya yang terkait dengan agama, ibadah, ajaran moral, sejarah, politik, dan lembaga-lembaga sosial (kemasyarakata).

Indikator
Setelah mempelajari Pengantar Studi Islam  diharapkan mahasiswa dapat :
Menjelaskan pengertian, tujuan dan pentingnya kajian studi islam.
Menjelaskan Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia, Fenomena Agama dalam kehidupan manusia, Mengidentifikasi unsur-unsur penting agama.
Mendiskusikan Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia, Fenomena Agama dalam kehidupan manusia, Klasifikasi Agama, Samawi & Agama Budaya
Mengklasifikasi kajian agama di Barat dan dunia Islam
Mendiskusikan kajian Islam di Indonesia
Menjelaskan pengertian "Islam" secara etimologi dan terminlogi.
Mendiskusikan islam dan berbagai dimensinya sumber-sumber ajaran Islam. 
Mengidentifikasi aspek-aspek ajaran Islam.
Menjelaskan berbagai macam pendekatan dalam studi islam
Mendiskusikan manfaat mengkaji studi Islam

Strategi Pembelajaran Perkuliahan
Perkuliahan ini menggunakan strategi pembelajaran mahasiswa aktif (active learning) dengan berbagai strategi alternatif dalam pembelajaran. Mahasiswa akan melakukan berbagai aktivitas dan tugas agar mereka belajar secara mendalam, karena pembelajaran ini berorientasi kepada mahasiswa (student oriented). Metode ceramah diusahakan untuk diminimalisir.
Selaian  itu kegiatan perkuliahan, lebih banyak didasarkan pada collaborative learning, meskipun demikian individual learning tetap akan digunakan sesuai dengan tujuan dan materi yang dipelajari. Untuk itu, “alternatif strategi” perkuliahan yang digunakan di antaranya sebagai berikut:
1. Interactive lecturing
2. Presentation & Active Debate
3. Student-Created Case Studies
4. Small Group Discusion

5. Studi kritis
Strategi pembelajaran ini, dapat berubah sesuai dengan perkembangan materi dan metode serta kesepakatan dengan mahasiswa.

TIME LINE



Pert
Pokok bahasan/materi
Alokasi Waktu
Aktivitas Pembelajaran
1
Penjelasan dan Kontrak Belajar
100 menit
Ceramah, Diskusi, Strategi belajar aktif
2
Pengertian Studi Islam, Urgensi, Tujuan, Pendekatan dan Metode
100 menit
Ceramah, Diskusi, Strategi belajar aktif
3
Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia, Fenomena Agama dalam kehidupan manusia, Klasifikasi Agama, Samawi & Agama Budaya
100 menit
                  Diskusi dan Strategi belajar aktif
4
Potensi Islam dalam Menjawab Tantangan Zaman, Implikasi dalam kehidupan manusia, Universalitas, Orientasi dan Dinamika Ajaran Islam, Al-Qur’an sebagai sumber dasar nilai, Hadits sebagai Dasar Operasional nilai dan Norma dalam Islam. Ijtihad sebagai Sumber Dinamika nilai dan Norma.
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
5
Islam & Berbagai Dimensinya
Islam dalam lintasan Sejarah.
Dimensi Aqidah & Akhlaq
, Ibadah & Syariah, Filsafat, Kebudayaan, Persaudaraan ( Ukhuah) dalam Islam
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
6
Para Pengkaji Studi Islam di Barat
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
7
Studi Islam di Indonesia Sebelum Kemerdekaan Pasca Kemerdekaan
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
8
Studi Islam dalam Pendekatan Sosiologi
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
9
Studi Islam dalam Pendekatan Budaya
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
10
Studi Islam dalam Pendekatan Filsafat
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
11
Studi Islam dalam Pendekatan Tafsir
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
12
Studi Islam dalam Pendekatan Hadits
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
13
Studi Islam dalam Pendekatan Tasawuf
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif
14
Manfaat Studi Islam dalam berbagai aspek
100 menit
Diskusi dan Strategi belajar aktif



Rencana Komposisi penilaian :

Aspek penilaian
Prosentase
Ujian akhir semester
35 %
Ujian tengah semester
35 %
Tugas
15 %
Keaktifan & perilaku
15 %
Total
100 %


Disusun oleh :
Diperiksa oleh :

Disahkan oleh :
Dosen pengampu




Dr. H. Muhammad Taufik, M. Ag.
Penanggung jawab keilmuan




Dr. H. Muhammad Taufik, M. Ag.
Ketua Program Studi




Dr. H. Abdul Mustakim, M. Ag.
Dekan




Dr. Alim Roswantoro, M. Ag.

Bahan Bacaan
Muhaimin, Tadjab & Abdul Mujib, Dimensi Studi Islam, Karya Abditama, Surabaya,1994
Muhaimin, Problematika Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta, Kalam Mulia, 1989.
Muhaimin, Dimensi Studi Islam, Surabaya, 1994
A Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, Bandung, Mizan 1991
 Abu Zahrah, Muhammad, Tarikh al-Madzahib al-Islamiyyah fi al-Siyasah wa al-'Aqidah wa Tarikh al-Madzahib al-Fiqhiyah, Beirut : Dar al-Fikr, al-'Arabiy, Tanpa Tahun.
Ahmad Supriyadi, Teologi Islam Kontekstual, Pendekatan Active Learning, Jakarta : Bina Akademika, 2010.
Amin Nurdin dkk., Ed. Sejarah Pemikiran dalam Islam : Teologi / Pengantar Studi Islam I, Jakarta : PT Pustaka Antara dan LSIK, 1996.
Dahlan, Abul Aziz, Sejarah Perkembangan Pemikiran Dalam Islam, Bagian I : Pemikiran Teologis, Jakarta : Beuneubi Cipta, 1987.
Nasution, Harun, Teologi Islam : Aliran-Aliran, Sejarah, Analisa, Perbandingan, Jakarta : UI Press, 1986.
 ----------, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jil. I, Jakarta : UI Press, 1986.
 ----------, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jil. II, Jakarta : UI Press, 1986
 ----------, Akal dan Wahyu dalam Islam, Jakarta : UI Press, 1986.
----------, Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu'tazilah, Jakarta : UI Press, 1990.
Yusuf, Yunan, Aliran Pemikiran Islam : Pemikiran Kalam, Jakarta : Kalam, 1995.




Keterangan Tambahan:
·         Format Makalah: diketik dengan spasi 1,5 dalam kertas kuarto dengan font: Times New Roman, Ukuran 12 Batas Kiri: 4 Cm, Atas: 4 Cm, Kanan: 3 Cm, Bawah: 3 Cm, Menggunakan Footnote dan ukuran kertas A4.
·         Konten: Bab I: Pendahuluan: Latar Belakang dan Rumusan Masalah. Bab II: Pembahasan. Bab III: Kesimpulan. Daftar Kepustakaan
·         Referensis: Buku, makalah, essay yang berkaitan dengan Materi Pokok Bahasan.
·         Hasilnya dipresentasikan secara bergantian dalam satu kelompok dengan durasi waktu maks 30 menit, dan tanggapan maks 30 menit.
·         Penilaian mencakup penyajian, bobot materi, kesiapan dalam mempresentasikan, keaktifan penyaji dalam menanggapi, & kemampuan beragumentasi. Bagi penanya yang aktif dalam diskusi juga mendapatkan nilai.


1 komentar:

  1. salam. izin share pak. prof sbg bahan acuan di kampus kami. syukran.

    BalasHapus