SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Kode/Mata
Kuliah : Leadership dan Enterpreneurship
Bobot : 2 SKS
Semester : III (Tiga)
Jurusan : FA A dan
FA B
Tahun
Ajaran : 2015/2016
Dosen
Pengampu : Dr.H. Muhammad
Taufik, M. Ag.
Perguruan
Tinggi : FUSPI UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini sebagai landasan pemahaman dan
kemampuan tentang teori Leadership dan Interpreneurship
dan aplikasinya dalam dunia kerja. Sehingga dengan kemampuan yang mendalam
tentang dunia kepemimpinan dan kewirausahaan mahasisiwa dibekali dengan
keterampilan dasar dalam manajemen kemandirian, baik saat masih menjadi
mahasiswa, maupun setelah menyelasaikan studinya
Indikator Setelah
mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan
pemahaman tentang kewirausahaan. Dapat menjelaskan Karakteristik wirausaha.
Dapat menjelaskan Pengembangan ideks kewirausahaan
Dapat
menjelaskan Teori kepemimpinan
Memberikan ulasan tentang Enam topik pikiran, desain berpikir wirausaha
Dapat menjelaskan Keterampilan memperoleh dana
Dapat menjelaskan Arti penting ketrampilan memperoleh dana
Standar Kompetensi : Memahami konsep dasar leadership dan
interpreneurship bagi mahasisiwa agar mempunyai kemandirian baik sebelum maupun
setelah meraih gelar sarjana.
Kompetensi dasar :Mahasiswa mampu menguraikan konsep dasar dan pengertian leadership dan interpreneurship
Mahasiswa mampu mendiskripsikan leadership dan interpreneurship
Mahasiswa
mampu mempraktekkannya dalam kehidupan nyata
TIME LINE
Pert
|
Pokok
bahasan/materi
|
Alokasi Waktu
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
1
|
Kontrak Kuliah & Pengantar kuliah
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
2
|
Teori kepemimpinan
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
3
|
Peran dan kedudukan
kepemimpinan dalam organisasi
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
4
|
Membedakan pemimpin
dengan manajer /ketua/kepala
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
5
|
Tipe
kepemimpinan yang ideal dalam arganisasi
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
6
|
Pentingnya
kepemimpinan dalam organisasi
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
7
|
Pengantar kewirausahaan
dan Karakteristik wirausaha
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
8
|
Prinsip dan
langkah-langkah berpikir wirausaha
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
9
|
Keterampilan pemasaran,
manajemen dan organisasi
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
10
|
Keterampilan
memperoleh dana
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
11
|
Langkah-langkah
memperoleh dana bagi wirausaha pemula
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
12
|
menentukan kewirausahaan
bidang keahlian
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
13
|
Bagaimana
mengetahui bisnis yang sesuai dengan keahlian dan bakat sendiri
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
14
|
Arti penting
rencana usaha
|
100
menit
|
Ceramah,
Diskusi, Strategi belajar aktif
|
Komposisi
penilaian :
Aspek penilaian
|
Prosentase
|
Ujian akhir
semester
|
35 %
|
Ujian tengah
semester
|
35 %
|
Tugas
|
15 %
|
Keaktifan
mahasiswa
|
15 %
|
Total
|
100 %
|
Sumber Bacaan
Abdul Aziz Wahab, Anatomi Organisasi
dan Kepemimpinan, (Bandung:
Alfabeta, 2008).
Ambar
Teguh Sulistiyani, Kepemimpinan
Profesional Pendekatan Leadership Games, (Yogyakarta: Gava Media, 2008).
John Adair, Cara Menumbuhkan Pemimpin, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)
Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. (Jakarta:
Salemba Empat,2001)
Munandar, A.S., Psikologi
Industri dan Organisasi (Jakarta: UI Press, 2001).
Nurkolis, Manajeman
Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasi, (Jakarta: Grasindo, 2003).
Pudjo Sumedi,). Organisasi dan Kepemimpinan,
(Jakarta: Uhamka Press, 2010)
Komang Ardana,
dkk., Perilaku Keorganisasian, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008)
Rivai Veithzal, Kepemimpinan dan Perilaku
Organisasi, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007)
Yukl, G., Leadership in Organization, (New Jersey:Prentice Hall, Inc, 2002).
Disusun oleh
:
|
|
Diperiksa
oleh :
|
Disahkan oleh
:
|
Dosen
pengampu
Dr. H. Muhammad
Taufik, M. Ag.
|
Penanggung jawab keilmuan
Dr. Muhammad
Taufik, M. Ag.
|
Ketua Program Studi
Dr. Robby H. Abror, M. Hum
|
Dekan
Dr. Alim Roswantoro, M. Ag.
|
Keterangan Tambahan:
·
Format Makalah: diketik dengan spasi 1,5 dalam kertas kuarto dengan font: Times New Roman, Ukuran 12 Batas Kiri: 4
Cm, Atas: 4 Cm, Kanan: 3 Cm, Bawah: 3 Cm, Menggunakan Footnote
dan ukuran kertas A4.
·
Konten: Bab I: Pendahuluan: Latar Belakang dan Rumusan Masalah. Bab II: Pembahasan.
Bab III: Kesimpulan. Daftar Kepustakaan
·
Referensis: Buku, makalah, essay yang berkaitan dengan Materi Pokok Bahasan.
·
Hasilnya dipresentasikan
secara bergantian dalam satu kelompok dengan durasi waktu maks 30 menit, dan tanggapan maks 30 menit.
·
Penilaian mencakup
penyajian, bobot materi, kesiapan dalam mempresentasikan, keaktifan penyaji dalam menanggapi, &
kemampuan beragumentasi. Bagi penanya yang aktif dalam diskusi juga mendapatkan
nilai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar