SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP)
Kode/Mata Kuliah : Pengantar
Studi Islam
Bobot : 2 SKS
Semester : I (Satu)
Jurusan : FA B
Tahun Ajaran : 2015/2016
Dosen Pengampu : Dr. H. Muhammad Taufik, M. Ag.
Perguruan Tinggi : FUSPI UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta
Deskripsi
Mata Kuliah
Pengantar
Studi Islam adalah salah satu dari komponen mata kuliah penting.
Mata
kuliah ini memberikan pengetauan tentang aspek-aspek dasar Islam, khususnya yang terkait
dengan agama, ibadah, ajaran moral, sejarah, politik, dan lembaga-lembaga sosial.
Metode
pengkajian Pengantar Studi Islam ini
dengan bidang-bidang kajian ke-Isalaman lainnya menggunakan berbagai
macam pendekatan.
Manfaat
mata kuliah ini bagi mahasiswa antara lain dapat memberikan pengetahuan tentang
aspek-aspek dasar Islam, khususnya yang terkait dengan agama, ibadah, ajaran
moral, sejarah, politik, dan lembaga-lembaga sosial (kemasyarakatan).
Mahasiswa
dapat memanfaatkan pengetahuan ini sebagai bagian dari bahan memperoleh kemajuan
hidup.
Standar
Kompetensi
Mahasiswa
memahami berbagai aspek dasar-dasar ajaran Islam.
Mahasiswa
memahami pentingnya kajian studi Islam.
Mahasiswa
dapat mendeskripsikan berbagai aspek dasar ajaran Islam, khususnya yang terkait
dengan agama, ibadah, ajaran moral, sejarah, politik, dan lembaga-lembaga
sosial (kemasyarakata).
Indikator
Setelah
mempelajari Pengantar Studi Islam diharapkan mahasiswa dapat :
Menjelaskan
pengertian, tujuan dan pentingnya kajian studi islam.
Menjelaskan Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia, Fenomena Agama dalam
kehidupan manusia,
Mengidentifikasi
unsur-unsur penting agama.
Mendiskusikan Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia, Fenomena Agama dalam
kehidupan manusia,
Klasifikasi Agama, Samawi & Agama Budaya
Mengklasifikasi
kajian agama
di Barat dan dunia Islam
Mendiskusikan kajian Islam di Indonesia
Menjelaskan
pengertian "Islam" secara etimologi dan terminlogi.
Mendiskusikan
islam dan berbagai dimensinya sumber-sumber ajaran Islam.
Mengidentifikasi
aspek-aspek ajaran Islam.
Menjelaskan
berbagai macam pendekatan dalam studi islam
Mendiskusikan manfaat
mengkaji studi Islam
Strategi
Pembelajaran Perkuliahan
Perkuliahan
ini menggunakan strategi pembelajaran mahasiswa aktif (active learning) dengan berbagai strategi alternatif dalam
pembelajaran. Mahasiswa akan melakukan berbagai aktivitas dan tugas agar mereka
belajar secara mendalam, karena pembelajaran ini berorientasi kepada mahasiswa
(student oriented). Metode ceramah diusahakan untuk diminimalisir.
Selaian itu kegiatan perkuliahan,
lebih banyak didasarkan pada collaborative learning, meskipun demikian
individual learning tetap akan digunakan sesuai dengan tujuan dan materi yang
dipelajari. Untuk itu, “alternatif strategi” perkuliahan yang digunakan di antaranya
sebagai berikut:
1. Interactive lecturing
2. Presentation & Active Debate
3. Student-Created Case Studies
4. Small Group Discusion
5. Studi kritis
Strategi pembelajaran ini, dapat berubah sesuai dengan perkembangan materi dan metode serta kesepakatan dengan mahasiswa.
1. Interactive lecturing
2. Presentation & Active Debate
3. Student-Created Case Studies
4. Small Group Discusion
5. Studi kritis
Strategi pembelajaran ini, dapat berubah sesuai dengan perkembangan materi dan metode serta kesepakatan dengan mahasiswa.
TIME LINE
Pert
|
Pokok
bahasan/materi
|
Alokasi
Waktu
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
1
|
Penjelasan dan Kontrak Belajar
|
100 menit
|
Ceramah, Diskusi, Strategi belajar aktif
|
2
|
Pengertian Studi Islam, Urgensi, Tujuan, Pendekatan dan Metode
|
100 menit
|
Ceramah, Diskusi, Strategi belajar aktif
|
3
|
Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia, Fenomena Agama dalam kehidupan manusia, Klasifikasi Agama, Samawi & Agama Budaya
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
4
|
Potensi Islam dalam Menjawab Tantangan
Zaman, Implikasi dalam kehidupan manusia, Universalitas, Orientasi dan Dinamika Ajaran Islam, Al-Qur’an sebagai sumber dasar nilai, Hadits sebagai Dasar Operasional nilai dan Norma dalam Islam. Ijtihad sebagai Sumber Dinamika nilai dan
Norma.
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
5
|
Islam & Berbagai Dimensinya
Islam dalam lintasan Sejarah. Dimensi Aqidah & Akhlaq, Ibadah & Syariah, Filsafat, Kebudayaan, Persaudaraan ( Ukhuah) dalam Islam |
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
6
|
Para Pengkaji Studi Islam di Barat
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
7
|
Studi Islam di Indonesia Sebelum Kemerdekaan Pasca
Kemerdekaan
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
8
|
Studi Islam dalam Pendekatan Sosiologi
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
9
|
Studi Islam dalam Pendekatan Budaya
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
10
|
Studi Islam dalam Pendekatan Filsafat
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
11
|
Studi Islam dalam Pendekatan Tafsir
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
12
|
Studi Islam dalam Pendekatan Hadits
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
13
|
Studi Islam dalam Pendekatan Tasawuf
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
14
|
Manfaat Studi Islam dalam berbagai aspek
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
Rencana
Komposisi penilaian :
Aspek
penilaian
|
Prosentase
|
Ujian akhir semester
|
35 %
|
Ujian tengah semester
|
35 %
|
Tugas
|
15 %
|
Keaktifan & perilaku
|
15 %
|
Total
|
100 %
|
Disusun oleh
:
|
Diperiksa
oleh :
|
|
Disahkan
oleh :
|
Dosen
pengampu
Dr. H. Muhammad Taufik, M. Ag.
|
Penanggung
jawab keilmuan
Dr. H. Muhammad Taufik, M. Ag.
|
Ketua Program Studi
Dadi
Nurahaidi, M. Ag.
|
Dekan
Dr. Alim Roswantoro, M. Ag.
|
Bahan Bacaan
Muhaimin,
Tadjab & Abdul Mujib, Dimensi Studi Islam, Karya Abditama, Surabaya,1994
Muhaimin, Problematika Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta, Kalam Mulia, 1989.
Muhaimin, Problematika Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta, Kalam Mulia, 1989.
Muhaimin, Dimensi Studi Islam, Surabaya, 1994
A Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, Bandung, Mizan 1991
A Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, Bandung, Mizan 1991
Abu Zahrah, Muhammad, Tarikh al-Madzahib
al-Islamiyyah fi al-Siyasah wa al-'Aqidah wa Tarikh al-Madzahib al-Fiqhiyah,
Beirut : Dar al-Fikr, al-'Arabiy, Tanpa Tahun.
Ahmad Supriyadi, Teologi
Islam Kontekstual, Pendekatan Active Learning, Jakarta : Bina Akademika, 2010.
Amin Nurdin dkk., Ed.
Sejarah Pemikiran dalam Islam : Teologi / Pengantar Studi Islam I, Jakarta : PT
Pustaka Antara dan LSIK, 1996.
Dahlan, Abul Aziz,
Sejarah Perkembangan Pemikiran Dalam Islam, Bagian I : Pemikiran Teologis,
Jakarta : Beuneubi Cipta, 1987.
Nasution, Harun,
Teologi Islam : Aliran-Aliran, Sejarah, Analisa, Perbandingan, Jakarta : UI
Press, 1986.
----------, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya,
Jil. I, Jakarta : UI Press, 1986.
----------, Islam Ditinjau dari Berbagai
Aspeknya, Jil. II, Jakarta : UI Press, 1986
----------, Akal dan Wahyu dalam Islam,
Jakarta : UI Press, 1986.
----------, Muhammad
Abduh dan Teologi Rasional Mu'tazilah, Jakarta : UI Press, 1990.
Yusuf, Yunan, Aliran
Pemikiran Islam : Pemikiran Kalam, Jakarta : Kalam, 1995.
Keterangan Tambahan:
·
Format Makalah: diketik dengan spasi 1,5 dalam kertas kuarto dengan font: Times New Roman, Ukuran 12 Batas Kiri: 4
Cm, Atas: 4 Cm, Kanan: 3 Cm, Bawah: 3 Cm, Menggunakan Footnote dan ukuran kertas
A4.
·
Konten: Bab I: Pendahuluan: Latar Belakang dan Rumusan Masalah. Bab II: Pembahasan.
Bab III: Kesimpulan. Daftar Kepustakaan
·
Referensis: Buku, makalah, essay yang berkaitan dengan Materi Pokok Bahasan.
·
Hasilnya
dipresentasikan secara bergantian dalam satu kelompok dengan durasi waktu maks 30 menit, dan
tanggapan maks 30
menit.
·
Penilaian
mencakup penyajian, bobot materi, kesiapan dalam mempresentasikan, keaktifan penyaji dalam menanggapi,
& kemampuan beragumentasi. Bagi penanya yang aktif dalam diskusi juga mendapatkan
nilai.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP)
Kode/Mata Kuliah : Pengantar
Studi Islam
Bobot : 2 SKS
Semester : I (Satu)
Jurusan : IAT B
Tahun Ajaran : 2015/2016
Dosen Pengampu : Dr. H. Muhammad Taufik, M. Ag.
Perguruan Tinggi : FUSPI UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta
Deskripsi
Mata Kuliah
Pengantar
Studi Islam adalah salah satu dari komponen mata kuliah penting.
Mata
kuliah ini memberikan pengetauan tentang aspek-aspek dasar Islam, khususnya yang terkait
dengan agama, ibadah, ajaran moral, sejarah, politik, dan lembaga-lembaga sosial.
Metode
pengkajian Pengantar Studi Islam ini
dengan bidang-bidang kajian ke-Isalaman lainnya menggunakan berbagai
macam pendekatan.
Manfaat
mata kuliah ini bagi mahasiswa antara lain dapat memberikan pengetahuan tentang
aspek-aspek dasar Islam, khususnya yang terkait dengan agama, ibadah, ajaran
moral, sejarah, politik, dan lembaga-lembaga sosial (kemasyarakatan).
Mahasiswa
dapat memanfaatkan pengetahuan ini sebagai bagian dari bahan memperoleh
kemajuan hidup.
Standar
Kompetensi
Mahasiswa
memahami berbagai aspek dasar-dasar ajaran Islam.
Mahasiswa
memahami pentingnya kajian studi Islam.
Mahasiswa
dapat mendeskripsikan berbagai aspek dasar ajaran Islam, khususnya yang terkait
dengan agama, ibadah, ajaran moral, sejarah, politik, dan lembaga-lembaga
sosial (kemasyarakata).
Indikator
Setelah
mempelajari Pengantar Studi Islam diharapkan mahasiswa dapat :
Menjelaskan
pengertian, tujuan dan pentingnya kajian studi islam.
Menjelaskan Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia, Fenomena Agama dalam
kehidupan manusia,
Mengidentifikasi
unsur-unsur penting agama.
Mendiskusikan Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia, Fenomena Agama dalam
kehidupan manusia,
Klasifikasi Agama, Samawi & Agama Budaya
Mengklasifikasi
kajian agama
di Barat dan dunia Islam
Mendiskusikan kajian Islam di Indonesia
Menjelaskan
pengertian "Islam" secara etimologi dan terminlogi.
Mendiskusikan
islam dan berbagai dimensinya sumber-sumber ajaran Islam.
Mengidentifikasi
aspek-aspek ajaran Islam.
Menjelaskan
berbagai macam pendekatan dalam studi islam
Mendiskusikan manfaat
mengkaji studi Islam
Strategi
Pembelajaran Perkuliahan
Perkuliahan
ini menggunakan strategi pembelajaran mahasiswa aktif (active learning) dengan berbagai strategi alternatif dalam
pembelajaran. Mahasiswa akan melakukan berbagai aktivitas dan tugas agar mereka
belajar secara mendalam, karena pembelajaran ini berorientasi kepada mahasiswa
(student oriented). Metode ceramah diusahakan untuk diminimalisir.
Selaian itu kegiatan perkuliahan,
lebih banyak didasarkan pada collaborative learning, meskipun demikian
individual learning tetap akan digunakan sesuai dengan tujuan dan materi yang
dipelajari. Untuk itu, “alternatif strategi” perkuliahan yang digunakan di
antaranya sebagai berikut:
1. Interactive lecturing
2. Presentation & Active Debate
3. Student-Created Case Studies
4. Small Group Discusion
5. Studi kritis
Strategi pembelajaran ini, dapat berubah sesuai dengan perkembangan materi dan metode serta kesepakatan dengan mahasiswa.
1. Interactive lecturing
2. Presentation & Active Debate
3. Student-Created Case Studies
4. Small Group Discusion
5. Studi kritis
Strategi pembelajaran ini, dapat berubah sesuai dengan perkembangan materi dan metode serta kesepakatan dengan mahasiswa.
TIME LINE
Pert
|
Pokok
bahasan/materi
|
Alokasi
Waktu
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
1
|
Penjelasan dan Kontrak Belajar
|
100 menit
|
Ceramah, Diskusi, Strategi belajar aktif
|
2
|
Pengertian Studi Islam, Urgensi, Tujuan, Pendekatan dan Metode
|
100 menit
|
Ceramah, Diskusi, Strategi belajar aktif
|
3
|
Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia, Fenomena Agama dalam kehidupan manusia, Klasifikasi Agama, Samawi & Agama Budaya
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
4
|
Potensi Islam dalam Menjawab Tantangan
Zaman, Implikasi dalam kehidupan manusia, Universalitas, Orientasi dan Dinamika Ajaran Islam, Al-Qur’an sebagai sumber dasar nilai, Hadits sebagai Dasar Operasional nilai dan Norma dalam Islam. Ijtihad sebagai Sumber Dinamika nilai dan
Norma.
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
5
|
Islam & Berbagai Dimensinya
Islam dalam lintasan Sejarah. Dimensi Aqidah & Akhlaq, Ibadah & Syariah, Filsafat, Kebudayaan, Persaudaraan ( Ukhuah) dalam Islam |
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
6
|
Para Pengkaji Studi Islam di Barat
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
7
|
Studi Islam di Indonesia Sebelum Kemerdekaan Pasca
Kemerdekaan
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
8
|
Studi Islam dalam Pendekatan Sosiologi
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
9
|
Studi Islam dalam Pendekatan Budaya
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
10
|
Studi Islam dalam Pendekatan Filsafat
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
11
|
Studi Islam dalam Pendekatan Tafsir
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
12
|
Studi Islam dalam Pendekatan Hadits
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
13
|
Studi Islam dalam Pendekatan Tasawuf
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
14
|
Manfaat Studi Islam dalam berbagai aspek
|
100 menit
|
Diskusi dan Strategi
belajar aktif
|
Rencana
Komposisi penilaian :
Aspek
penilaian
|
Prosentase
|
Ujian akhir semester
|
35 %
|
Ujian tengah semester
|
35 %
|
Tugas
|
15 %
|
Keaktifan & perilaku
|
15 %
|
Total
|
100 %
|
Disusun
oleh :
|
Diperiksa
oleh :
|
|
Disahkan
oleh :
|
Dosen
pengampu
Dr. H. Muhammad Taufik, M. Ag.
|
Penanggung
jawab keilmuan
Dr. H. Muhammad Taufik, M. Ag.
|
Ketua Program Studi
Dr.
H. Abdul Mustakim, M. Ag.
|
Dekan
Dr. Alim Roswantoro, M. Ag.
|
Bahan Bacaan
Muhaimin,
Tadjab & Abdul Mujib, Dimensi Studi Islam, Karya Abditama, Surabaya,1994
Muhaimin, Problematika Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta, Kalam Mulia, 1989.
Muhaimin, Problematika Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta, Kalam Mulia, 1989.
Muhaimin, Dimensi Studi Islam, Surabaya, 1994
A Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, Bandung, Mizan 1991
A Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, Bandung, Mizan 1991
Abu Zahrah, Muhammad, Tarikh al-Madzahib al-Islamiyyah
fi al-Siyasah wa al-'Aqidah wa Tarikh al-Madzahib al-Fiqhiyah, Beirut : Dar
al-Fikr, al-'Arabiy, Tanpa Tahun.
Ahmad Supriyadi, Teologi
Islam Kontekstual, Pendekatan Active Learning, Jakarta : Bina Akademika, 2010.
Amin Nurdin dkk., Ed.
Sejarah Pemikiran dalam Islam : Teologi / Pengantar Studi Islam I, Jakarta : PT
Pustaka Antara dan LSIK, 1996.
Dahlan, Abul Aziz,
Sejarah Perkembangan Pemikiran Dalam Islam, Bagian I : Pemikiran Teologis,
Jakarta : Beuneubi Cipta, 1987.
Nasution, Harun,
Teologi Islam : Aliran-Aliran, Sejarah, Analisa, Perbandingan, Jakarta : UI
Press, 1986.
----------, Islam Ditinjau dari Berbagai
Aspeknya, Jil. I, Jakarta : UI Press, 1986.
----------, Islam Ditinjau dari Berbagai
Aspeknya, Jil. II, Jakarta : UI Press, 1986
----------, Akal dan Wahyu dalam Islam,
Jakarta : UI Press, 1986.
----------, Muhammad
Abduh dan Teologi Rasional Mu'tazilah, Jakarta : UI Press, 1990.
Yusuf, Yunan, Aliran
Pemikiran Islam : Pemikiran Kalam, Jakarta : Kalam, 1995.
Keterangan Tambahan:
·
Format Makalah: diketik dengan spasi 1,5 dalam kertas kuarto dengan font: Times New Roman, Ukuran 12 Batas Kiri: 4
Cm, Atas: 4 Cm, Kanan: 3 Cm, Bawah: 3 Cm, Menggunakan Footnote dan ukuran kertas
A4.
·
Konten: Bab I: Pendahuluan: Latar Belakang dan Rumusan Masalah. Bab II: Pembahasan.
Bab III: Kesimpulan. Daftar Kepustakaan
·
Referensis: Buku, makalah, essay yang berkaitan dengan Materi Pokok Bahasan.
·
Hasilnya
dipresentasikan secara bergantian dalam satu kelompok dengan durasi waktu maks 30 menit, dan tanggapan
maks 30
menit.
·
Penilaian
mencakup penyajian, bobot materi, kesiapan dalam mempresentasikan, keaktifan penyaji dalam menanggapi,
& kemampuan beragumentasi. Bagi penanya yang aktif dalam diskusi juga mendapatkan
nilai.
salam. izin share pak. prof sbg bahan acuan di kampus kami. syukran.
BalasHapus